Menulis Sebagai Bukti Perawat Itu Ada dan Hidup Selamanya

Post Top Ad

Enam Cara Praktis Hidup Sehat yang Bisa Kamu Lakukan Setiap Hari

Foto Copyright - www.infophoria.com 
Di zaman modern ini semua orang ingin serba praktis. Mulai dari dari makanan, minuman, pakaian, dan semua peralatan yang menunjang kehidupan, kepinginnya didapat dengan mudah dan cepat.

Bermodal sebuah gawai yang bisa menghubungkan semua orang di seluruh dunia, keinginan itu pun mudah tercapai tanpa harus melakukan banyak penggerakan.

Tinggal menari-narikan jari di layar smartphone sambil mencari berbagai kebutuhan di toko online, barang-barang pun tiba sesuai dengan waktu yang ditentukan. 

Tidak perlu lagi menggunakan cara manual dengan jalan kaki, atau pun naik kendaraan berlama-lama menunggu kemacetan untuk sampai ke toko yang kamu tuju. Meskipun itu sebenarnya baik untuk kamu karena banyak melakukan penggerakan, tapi semua orang pasti tidak mau melakukan cara lama itu. Sehingga kondisi demikian membuat ruang gerak kita terbatas dan tubuh pun sering dalam kondisi diam.

Hal inilah yang bisa membuat malapetaka bagi tubuh. Kondisi diam akan membuat kerja sistem organ tubuh melambat. Jantung misalnya, sewaktu seseorang mulai melakukan gerak badan, sel-sel otot yang aktif menggunakan lebih banyak oksigen untuk menunjang peningkatan kebutuhan energi. Kecepatan denyut jantung meningkat, sehingga ia dapat memompa darah yang mengandung oksigen ke sel-sel seluruh tubuh. 

Nah, sekarang bayangkan jika kondisi tubuhmu sering dalam keadaan diam, tentu sel-sel di dalam tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup, sehingga kamu mengalamai hipoksia. 

Hipoksia adalah kondisi saat pasokan oksigen kurang di dalam tumbuh yang ditandai dengan gejala sesak napas, batuk-batuk, detak jantung cepat, kelelahan, perubahan warana pada kulit menjadi biru atau merah keunguan, berkeringat, kebingungan, dan halusinasi.

Jangankan untuk berolah raga, gerakan kecil untuk merangsang penggerakan otot saja jarang dilakukan. Tambahnya lagi dengan adanya makanan praktis yang tidak sehat, apa jadinya hidupmu nanti? Biasanya yang serba praktis itu kan identik dengan hal-hal yang tidak sehat. 

Tapi tidak untuk hal-hal prakis berikut ini, justru akan menunjang kehidupanmu menjadi lebih sehat. Seperti enam cara praktis hidup sehat yang bisa kamu lakukan setiap hari berikut ini. 

1. Sediakan Air Mineral dalam Botol Minuman

Setiap hari tubuh memerlukan sekitar 2 liter air putih, atau setara dengan 8 gelas yang berukuran 250 ml. Bagaimana caranya menghabiskan air sebanyak itu, padahal kita enek juga minum terus menerus, apa lagi diminum sekali teguk dalam satu gelas. Bisa kembung itu perut.
Foto Copyright www.shutterstock.com 
Cara praktisnya ialah mengisi air putih tersebut ke dalam botol minuman. Biasanya botol minuman yang tersedia bisa menampung air 600-1000 ml. Jadi, kamu kemana-mana bawa tu botol minumannya, supaya ketika haus langsung teguk Airnya.

Terkadang kita malas minum Air putih karena malas mengambilnya ke dapur, atau jauh dari jangkauan kita. Sehingga rasa haus pun malah di tahan-tahan, jadinya kita kekurangan cairan kan? 

Padahal air merupakan komponen utama dalam tubuh manusia yaitu sekitar 60% dari berat tubuh. Bila kekurangan cairan, bagaimana tubuh menjalankan fungsinya? Semua menjadi macet yang akan memperberat fungsi organ tubuh lainnya. 

Jadi kecukupan akan air putih, suatu hal yang utama bila ingin hidup sehat. 

2. Beli Buah Potongan

Selain konsumsi Air putih, buah juga sangat penting untuk membuat hidup kamu menjadi sehat. Selain banyak mengandung air, beberapa vitamin di dalam buah berfungsi untuk mencerahkan kulit dan memperlambat proses penuaan sel-sel tubuh.

Mungkin kamu sudah tahu lebih banyak manfaat dari makan buah, tapi kok sulit ya merutinkan diri untuk makan buah-buahan setiap hari?

Masalah utama yang sering kita temukan ialah malas untuk mengupas dan memotong buah. Hal ini lah yang mengurungkan niat kita untuk makan buah.
Foto Copyright www.jollytastylife.tumblr.com 
Cara praktisnya ialah dengan membeli buah potongan yang dijual oleh pedagang buah. Pernah lihatkan ada gerobak yang ada jajanan buah yang sudah dipotong-potong dan diletakan ke dalam kotak kaca yang juga berisi es batu? Kamu bisa membelinya dua sampai empat potong sesuai kebutuhanmu setiap harinya. Dengan begitu kita bisa merutinkan diri untuk makan buah setiap hari.

3. Minum Jus Buah

Mungkin kamu juga malas kalau harus mengunyah lama untuk menghabiskan satu potong buah. Atau tidak punya waktu untuk duduk manis dan meninggalkan pekerjaanmu yang diburu deadline.
Foto Copyright - www.pixabay.com 
Cara praktisnya kamu bisa minum jus sesuai dengan buah yang kamu suka. Tidak repotkan bila hanya menghisap jusnya dengan menggunakan pipet, tanpa dikunyah langsung ditelan menuju lambung. 

Mungkin yang merepotkan ialah membuat jus buahnya. Kamu bisa beli jus buah yang tersedia di toko-toko di sekitar tempat tinggalmu. Mencari jus buah tidak sesulit mencari jodoh bukan? Hehehe.

4. Bergerak dan Berjalan-jalan di Sekitar Ruang Kerja

Bagi para pekerja kantoran atau profesi penulis yang kerjanya lebih banyak diam, tentu minim melakukan gerakan tubuh. Posisinya tertuju pada satu gerakan, misalnya posisi duduk dengan jemari yang aktif bergerak. 

Lantas bagaimana dengan anggota tubuh lain seperti kaki misalnya yang ingin berjalan, atau kepala yang ingin mengeleng-geleng? Mereka kan ingin juga bergerak.

Foto Copyright - www.xworkinternational.com 
Cara praktisnya ialah ketika waktu istirahat makan siang, kamu usahakan untuk menghambil sendiri makanan atau pun pergi ke toko sebelah untuk membeli makananmu. Lebih bagusnya kalau kamu masak sendiri, karena banyak gerakan tubuh yang bisa dilakukan saat memasak.

Jika itu juga tidak sempat kamu lakukan karena pekerjaanmu yang begitu banyak, maka sisakan lah waktu sekitar 15 menit untuk bangun dari tempat kerjamu kemudian melakukan beberapa gerakan sederhana seperti berjalan-jalan di sekitar ruangan kerja dan menggerak-gerakan tangan.

Melompat-lompat merupakan hal yang tepat untuk kamu lakukan karena dapat memicu kerja jantung lebih cepat, sehingga pompaannya juga semakin meningkat yang akan mentransfer darah mengandung oksigen ke dalam sel-sel tubuh.

5. Pesan Menu Makanan Sehat 

Untuk mengkonsumsi buah atau pun jus buah, kita tidak perlu khawatir untuk membelinya di mana saja, karena produknya berasal dari hasil tanaman. Pengolahannya juga tidak banyak menggunakan ini dan itu, jadi cukup amanlah bagi kita untuk mengkonsumsinya di mana pun juga. Permasalahannya ialah kalau berbicara tentang menu makanan. 

Di internet cukup banyak lapak yang menjajakan berbagai menu makanan yang siap antar sampai ke rumah. Masalahnya apakah makanan itu baik dikonsumsi untuk kita? Bagaimana pengolahannya? Berapa takaran gizinya? Apakah makanan ini dapat membuatmu gemuk? Dari mana sumber makanan tersebut?

Pasti pertanyaan itu berseliweran di pikiran kita ketika memutuskan untuk memesan makanan di internet. Sedangkan pekerjaan kita menumpuk dan butuh makanan praktis tapi menyehatkan.

Untungnya sekarang ada Gorry Gourmet, sebuah startup katering online yang menyediakan konsultasi diet gratis bagi para pelanggannya.

Setiap orang pasti beda-bedakan selera dan angka kecukupan gizinya. Tidak mungkinlah seorang yang hanya beratnya 40 kg, disuguhkan dua bungkus nasi padang. Atau pun yang menderita darah tinggi dikasih menu makanan yang asin-asin. 

Cara praktis untuk mendaptkan menu makanan sehat ialah dengan memesan di Gorry Gourmet, karena menyediakan varian menu dan paket yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan kamu. 

www.gorrygourmet.com
Makanannya dibuat oleh Chef Porfesional dengen citra rasa tinggi dan nutrisi seimbang. Produk-produk Gorry Gourmet juga sudah melewati seleksi uji oleh para ahli gizi dengan memperhitungkan keseimbangan nutrisi dari setiap produk yang dihasilkan.

Kamu bisa langsung mengunjungi website nya dan memilih produk yang ditawarkan Gorry Gormet di www.gorrygourmet.com Bisa juga download aplikasinya di App Store gawainya kamu.

www.gorrygourmet.com
6. Tidur yang Cukup

Bagaimana sih kategori tidur cukup menurutmu? Apakah tidur dengan rentang waktu yang lama? Ada orang yang tidur 2 jam sehari, tapi dia merasa cukup. Ada juga yang menghabiskan waktu 12 jam untuk tidur, namun dia tidak pernah merasa puas.

Lamanya durasi tidur yang efektif bagi orang dewasa ialah antara 4-8 jam. Akan tetapi disesuaikan lagi dengan orangnya, karena angka kecukupan tidur itu relatif bagi setiap orang.

Intinya setiap hari berikanlah waktu tubuhmu untuk bisa terlelap, karena tidur dapat berfungsi memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Jadi, sungguh disayangkan bila tubuhmu tidak kejatahan tidur.

Foto Copyright www.pembelajar99.blogspot.co.id 
Cara praktis untuk tidur cukup ialah kamu harus terlelap hingga masuk ke fase Rapid Eye Movment (REM). Jika sampai ke tahap ini kamu akan mendapatkan kepuasan tidur dan badan terasa segar saat bangun tidur. 

Jadi, supaya kamu bisa tidur terlelap setiap malamnya maka singkirkanlan benda-benda yang kemungkinan mengganggu saat kamu tidur. Buatlah kamar tidurmu senyaman mungkin sehingga kamu bisa mendapatkan tidur yang cukup.

Itulah enam cara praktis yang bisa kamu lakukan setiap hari. Tidak usah harus melakukan ini dan itu bila ingin hidup sehat, cukup jadikan enam hal di atas sebagai rutinitas dalam kehidupanmu setiap hari. Insya Allah kesehatan akan selalu menyertaimu. 

Akan tetapi jangan juga mengundang penyakit dengan perilaku buruk seperti merokok atau pun menggunakan obat-obat terlarang. Itu sama saja dengan bunuh diri namanya. Perlu dipahami bahwa untuk hidup sehat itu sangat mudah, cukup membiasakan diri dengan rutinitas yang baik dan membentengi diri dari kebiasaan buruk. 

Tapi, bila kamu pencinta makanan namun takut bermasalah dengan berat badan, bisa mencoba produk yang ditawarkan oleh Gorry Gourmet. Selamat mencoba.

Salam sehat untuk semua.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Wellness Blog Competition GorryGourmet


8 komentar:

  1. kadang kalau sdh kena rutinitas, udah lupa olah raga buat diri sendiri
    jadi hrs dijadwal rutin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya diselingi dengan rutinitas di atas mbak :D

      Hapus
  2. Makanan yang di ada di gorrygourmet walaupun kelihanya seperti berlemak, tapi takarannya pas, jadi gak bikin gemuk bagi yang memakanya. Kangamir dot kom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya Mas pelanggan gorry gourmet ne, tahu betul makanan yang tersedia di situ :D

      Hapus
  3. Wah jadi penasaran sama katering sehat Gorry Gourmetnya. Kepoin IG-nya ah TFS :D

    BalasHapus
  4. Iya, banyak varian menunya, silahkan kepoin IG nya. :)

    BalasHapus
  5. Kalau sibuk emang suka lupa minum...bawa botol kemana2 kayaknya bisa di contek hi2...

    Nah..kadang kelamaan main gadget suka begadang jadi kurang tidur.. haduh

    Sorry gourmet...baru tau ntar deh..acak2 web ati Ig nya he2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sebenarnya yang simpel2 begini, kita rutin kan bisa menjadi gaya hidup sehat, ya kan mbak?

      Hapus

Terimakasih Telah Memberikan Komentarnya - Silahkan Komentar dibawah ini !!!!

My Instagram